Kategori

Peristiwa

Pembinaan KIM Madiun Wujudkan Ekosistem Internet Bijak

KIM Citra Taruna Kenanga 2018-03-13 Peristiwa KOTA MADIUN

Dinas Kominfo Kota Madiun intens melakukan pembinaan kepada Kelompok Informasi Msyarakat atau KIM di Kota Madiun. Dan kali ini bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kartoharjo Kelompok Informasi Masyarakat se-Kota Madiun mengikuti undangan Pembinaan Kelompok Informasi Msyarakat (KIM) ke 3 tahun 2018. mengambil tema Bersama Membangun Ekosistem Internet Bijak, menggandeng relawan TIK Kota Madiun, Dinas Kominfo mengupayakan tumbuh berkembangnya ekosistem internet bijak di Kota Madiun.

Dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Iroh Sunirah, S.Sos mengharapkan peran aktif Kelurahan selaku pembina KIM di kelurahan untuk lebih mengoptimalkan peran KIM sebagai agen informasi, sekaligus juga dalam kesempatan ini mendorong KIM untuk lebih berdaya guna.

Salah satu model dari pembinaan yang di lakukan oleh Kominfo adalah dengan mengadakan lomba, terkait hal ini Kelurahan diharapkan turut serta membantu dan memfasilitasi bila mana perlu membantu Kelompok Informasi Masyarakat yang ada dikelurahn masing masing.

Terkait lomba yang akan dilakukan nantinya mengadopsi LCCK tingkat Propinsi sehingga nantinya Wakil jawara di Kota Madiun bisa memenuhi standar minimal administrasi sesuai kriteria yang ditentukan dinas Kominfo propinsi Jawa Timur.

Forum KIM Kota Madiun yang dalam hal ini diwakili Agus Wijanarko selaku ketua KIM Winongo yang tahun kemarin mendapatkan juara II LCCK tingkat propinsi Jawa Timur memaparkan sekaligus sharing Informasi hal apa saja yang harus disiapkan oleh teman-teman KIM Kota Madiun menghadapi LCCK tahun ini. Agus menekankan pada proses registrasi di web kim.jatimprov.go.id sebagai syarat utama yang harus dilakukan KIM se-Kota apabila ingin mengikuti seleksi adminstrasi LCCK tingkat propinsi tahun ini.

Yosef dari relawan TIK Kota Madiun yang didaulat sebagai pemateri internet bijak, mengedepankan bagaimana agar website yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota Madiun tidak menjadi "Rumah Hantu" karena kosong dan harapannya kedepan tidak menjadi sampah digital. Lebih lanjut Yosef dari Relawan TIK memaparkan konsep dari pembentukan sebauh web site mau dibawa kemana web site itu harus jelas dulu, tanpa konsep yang jelas sebuah website tidak akan menarik jumlah pengunjung.

R-TIK yang pada tahun ini di libatkan dalam proses penjurianpun sudah menetapkan kriteria yang harus ada pada website KIM se-Kota sesuai tuntutan dari dinas Kominfo propinsi Jawa Timur. sebuah web tanpa konten seperti rumah hantu yang kosong, pun demikian sebuah web tanpa tampilan menarik tidak akan menarik tamu untuk berkunjung, Bila rumah sudah tertata indah, berisi konten berita yang memiliki news value akan lebih sempurna bila ada navigasi yang memudahkan pengunjung bila ingin mencari informasi.

Melalui pembinaan-pembinaan ini harapannya KIM se Kota Madiun mampu menciptakan ekosistem internet bijak yang nantinya akan meningkatkan keterampilan pengurus KIM dalam mengolah dan menyaring serta membagiakn informasi ke masyarakat melalui media yang dimili masing-masing KIM, tambah Yosef

Diakhir sesi Relawan TIK bersama Forum KIM Kota Madiun serta Pembina dari Kominfo secara bersama-sama melakukan registrasi online KIM di web kim.jatimprov.go.id sebagai prasyarat yang haris dilakukan oleh Kelompok-Kelompok Informasi Mayarakat se-Jatim bila ingin ikut serta dalam seleksi administrasi LCCK ditingkat propinsi di tahun ini. Tidak tertutup hanya di pertemuan ini saja Relawan TIK juga membuka pintu lebar-lebar di BLC Telkom Kota Madiun apabila ada teman-teman KIM yang masih terkendala pada proses registrasi online ini. - AW-KIMCTK

0 Komentar

Tidak ada komentar terkait

Buat Komentar