Kategori

Ekonomi

Keripik Pisang Byar Keboireng, Potensi Baru Desa Keboireng

pesona keboireng 2018-05-01 Ekonomi KABUPATEN TULUNGAGUNG

Terlepas dari potensi yang ada di Desa Keboireng, nama Keboireng sendiri sudah sangat menjual. Jadi akan sangat mudah bagi seseorang atau wisatawan tertarik untuk berkunjung ke sebuah desa yang terletak di ujung selatan Kabupaten Tulungagung. PR-nya adalah bagaimana mengolah potensi yang ada agar bisa dijual, yang pada gilirannya akan meningkatkan ekonomi warga desa.



Selain memiliki potensi wisata yang tengah booming, ada satu potensi yang juga tengah digarap oleh kalangan ibu-ibu, yakni pengembangan industri rumahan Keripik Pisang Gebyar, atau orang lebih mengenal dengan pisang byar. Pisang byar sendiri adalah jenis pisang yang banyak tumbuh di desa Keboireng.

Untuk bisa menghasilkan keripik pisang yang layak dijual di pasaran regional maupun nasional, maka pemilihan bahan dan pengolahan yang teliti menjadi syarat utama. Seperti disampaikan oleh Ndari, salah satu pengrajin keripik pisang. Pemilihan pisang yang benar-benar tua namun belum terlalu matang akan menjadikan keripik pisang andalan warga Desa Keboireng yang mampu meningkatkan perekonomian warga desa. Seperti kita ketahui bahwa pisang sendiri mempunyai manfaat bagi kesehatan di antaranya memperlancar peredaran darah, membantu percernaan usus, menjaga kesehatan mata, serta menormalkan fungsi jantung.



Bahan baku yang melimpah serta tenaga kerja yang mumpuni tentunya akan menjadikan keripik pisang byar sebagai produk unggulan Desa Keboireng. Terlebih pisang byar yang tumbuh di Desa Keboireng memiliki rasa yang lebih gurih serta teksturnya lebih pulen.



Jauh sebelum era promosi digital, keripik pisang byar ini sudah merambah sampai ke Bali, Bekasi, Jakarta, Jogja, dan Banjarmasin untuk penjualan partai besar. Dalam perkembangannya, keripik pisang ini sudah dijual dalam kemasan yang lebih ekonomis dengan harapan bisa dijadikan buah tangan bagi wisatawan atau seseorang yang sekedar berkunjung Tulungagung. (iza) 

0 Komentar

Tidak ada komentar terkait

Buat Komentar