Kategori

Peristiwa

Hadapi Pilkades Serentak 2018, TNI-POLRI Gelar Simulasi Sistem Pengamanan di Ponorogo

KIM Karang Lo Kidul Jurnalism 2018-07-28 Peristiwa KABUPATEN PONOROGO

KIMKKJ.or.id - Menjelang pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Ponorogo, TNI-POLRI menggelar simulasi pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Jum.at, 27 Juli 2018.

Simulasi dilakukan seakan-akan terjadi kerusuhan di salah satu desa penyelenggara pilkades, dimana sebagian warga tidak bisa memilih karena waktu pemilihan sudah berakhir.

 

Massa yang tidak puas tersebut lalu melakukan aksi anarkis, namun berhasil diredam oleh petugas kepolisian  dibantu oleh petugas TNI  yang sengaja diturunkan dalam pengamanan tersebut.

 

Kapolsek Jambon AKP Djoko Winarto, SH, mengatakan, simulasi pengamanan tersebut sebagai bentuk kesiapan anggota dalam menjaga keamanan jika terjadi aksi atau kerusuhan saat pilkades mendatang.

 

Dalam simulasi itu juga dilakukan praktik pencoblosan di TPS. Dalam simulasi pencoblosan ini Polsek Jambon  bekerja sama dengan TNI, Dinas Kesehatan dan Panitia Pemilihan Kepala Desa Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.

 

Selain menggelar sistem pengamanan pemilihan kepala desa (Sispam Pilkades), TNI-POLRI juga bekerjasama dengan panitia pemilihan Kepala Desa Blembem  Kecamatan Jambon untuk mempraktekan tatacara pemilihan kepala desa dengan baik.

 

Pihak panitia juga menunjukan bahwa warga yang cacat baik itu tuna netra, atau tidak bisa berjalan boleh diantar oleh keluarga, atau orang yang bisa dipercayai untuk menunjukkan calon kepala desa yang akan dipilih atau dicoblos.

 

Turut hadir pula dalam simulasi tersebut  Koramil  0802/20 Kpt Czi Hadi Eko, Camat Jambon Toni sumarsono M.Si, Dinas Kesehatan, Panitia Pilkades, dan LinMas. *(hk)

 

0 Komentar

Tidak ada komentar terkait

Buat Komentar