Kategori

Rupa-rupa

Peran KIM dalam Memperkenalkan UMKM Desa Purwodadi

kim purwodadi 2018-05-02 Rupa-rupa KABUPATEN MAGETAN

Meningkatkatkan perekonomian masyarakat merupakan salah satu hal yg terpenting dalam kesuksesan pemerintah. Dalam hal ini baik pemerintah desa, kabupaten, maupun pusat telah memberikan fasilitas kepada masyarakat dalam pengembangan usaha. Ini bertujuan agar masyarakat semakin kreatif dalam menentukan sebuah peluang bisnis di era sekarang.

Masyarakat pun bisa melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Bentuk kerjasama bisa dilakukan dalam hal ini, seperti dengan KIM yang ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan salah satunya. Kerjasama ini bisa dalam bentuk pengenalan produk atau hasil usaha kepada masyarakat luas.

Pengenalan ini bisa dilakukan melalui media digital yang dikelola oleh KIM Poerwodadie. Sebelumnya dilakukan pengenalan kepada UMKM tentang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) beserta fungsi-fungsinya. Setelah para pengusaha desa mengetahui peran KIM pada masyarakat dilakukanlah pendataan usaha. Pendataan tersebut mulai perintisan usaha, produk, pemasaran, dsb.

Ada beberpa UMKM yang ada di Desa Purwodadi, seperti pabrik tahu, jagal hewan dan penggilingan daging, usaha abon (ayam dan sapi), roti bangkit, ayam panggang, jenang, pembuatan tempe, catering, dll. Semua UMKM di desa diharapkan semakin dikenal dan penjualan akan meningkat kedepanya.

Dari data yang didapat dari para pengusaha desa akan dibuatkan deskripsi singkat dan diunggah di media online seperti web, blog dan media sosial (instagram dan facebook). Di era sekarang ini sangatlah penting bentuk pengenalan yang berbasis teknologi. Ini akan mempermudah pelanggan untuk mencari keperluan dengan mengakses di media online.

Oleh karena itu tidak mengherankan para pelaku bisnis online sekarang jauh lebih sukses dari pada bisnis rumahan yang dilakukan secara manual. Namun yang tidak kalah penting adalah cara pengemasan, branding, dan promosi yang bagus. Melihat kondisi yang sekarang ini, KIM Poerwodadi berusaha membantu masyarakat untuk mengangkat UMKM desa agar lebih meningkatkan nilai jual di masyarakat.

 

0 Komentar

Tidak ada komentar terkait

Buat Komentar