Kategori

Kuliner Modern

Renyahnya Krupuk Bonggol Pisang Khas Desa Kandangan

KIM Mangun Jaya 2018-04-27 Kuliner Modern KABUPATEN BOJONEGORO

KIM Jatim, Bojonegoro. Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro selain terkenal dengan home industri Penghasil Bata Merahnya, juga terkenal dengan Kerupuk Bonggol Pisangnya, yakni kerupuk yang lezat, renyah dan gurih yang berbahan baku bonggol pisang ( ares pisang ).

 

Kerupuk yang berbahan dasar bonggol pisang ini diolah oleh kelompok Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Maju Jaya Trucuk yang rata- rata anggotanya ibu-ibu rumah tangga , menurut  Sulaiman, salah satu tutor PKBM Maju Jaya dipilihnya bonggol pisang sebagai dasar bahan keterampilan untuk membuat krupuk, dikarenakan bahan ini mudah sekali didapatkan dan bonggol pisang sendiri tidak memiliki kandungan kolestrol tinggi, Selain itu ingin kembali di jaman dulu, yang biasanya limbah bonggol pisang di masak untuk sayur. akan tetapi kali ini kita berinovasi untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan krupuk.

 

Desa Kandangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro merupakan pedesaan yang mayoritas penduduknya adalah memiliki mata pencaharian petani dan pekebun, memiliki lahan pertanian yang cukup luas dan subur sehingga sudah jelas dan pasti  dengan mudah dapat ditemukan bahan baku untuk pembuatan Krupuk bonggol pisang ini, karena  rata- rata hampir setiap warga mempunyai tanaman pisang.

 

Untuk bisa mengkonsumsi krupuk bonggol pisang ini juga tidak harus merogoh budget terlalu dalam, karena kerupuk Bonggol pisang yang lezat, Renyah dan gurih ini  dijual dengan harga yang relatif murah , yakni Rp. 3.500,- untuk kemasan 300 gr, masih diskon pula untuk pembelian tiga bungkus hanya Rp. 10.000 dan hanya Rp. 500 untuk kemasan plastik kecil yang cocok untuk saku anak - anak sekolah. Untuk mendapatkannya juga relatif mudah karena sudah banyak dijumpai di warung-warung di sekitar desa.

 

Krupuk Bonggol pisang ini sendiri dibagi menjadi berbagai macam varian rasa, ada rasa pedas manis, pedas sekali dan rasa original. Jika anda penasaran dengan lezat, renyah dan gurihnya krupuk bonggol pisang ini, anda bisa cari di warung- warung sekitaran wilayah desa Kandangan, sedangkan jika anda berkeinginan untuk melihat proses pembuatannya anda bisa datang langsung ke tempat produksinya dengan alamat Desa Kandangan Rt 15/02 Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro atau jika anda berkeinginan untuk bertanya - tanya dulu bisa menghubungi langsung Saudara Sulaiman dengan Nomor handphone : 085230570709 . (KIM Mangun Jaya)

 

0 Komentar

Tidak ada komentar terkait

Buat Komentar