Kategori

Budaya

Sanggar Tari Dewi Sri Tampil di Pentas Taman Blambangan

Kim alasmalang 2018-05-02 Budaya KABUPATEN BANYUWANGI

Sanggar tari Dewi Sri tampil di aktualisasi seni dan budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) , Sabtu (28/4) malam. Di pentas Taman Blambangan Banyuwangi.

Aktulisasi ini sebagai bentuk wadah untuk mempromosikan dan memperkenalkan budaya dan seni Osing Banyuwangi ke masyarakat luas. Sanggar Dewi Sri yang ditunjuk untuk menyuguhkan seni aneka tari-tarian dan lawak yang mengangkat tema kerakyatan. Antusias penonton yang ramai membuat pagelaran aktualisasi seni ini semakin meriah.

Indra Gunawan, pimpinan rumah sanggar seni Dewi Sri sekaligus pemilik RBK (Rumah Budaya Kebo-Keboan) yang bermarkas di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi Jatim mengatakan bahwa sanggar seninya ditunjuk sebagai penampil dan penghibur masyarakat Banyuwangi.

Kami menampilkan tari tarian dengan mengangkat cerita budaya masyarakat osing seperti tarian jejer gandrung jaran dawok, Pitik pitikan, Tunduk menor, Jaran buto dan meras kebo.

Disamping kita menegnalkan karya tari kita juga ingin mengenalkan para seniman seniman muda alasmalang yang tak kalah dengan para senior, harapan kita mereka akan terus berkarya dan melestarikan budayanya.

Selain aneka tari tarian sanggar seni kami juga menyuguhkan dagelan osing (Lawak) pilus junior," terangnya.

Indra juga berharap dengan diadakannya aktualisasi seni dan budaya osing di Taman Blambangan. Semoga masyarakat bisa mengapresiasi dan menikmati penyajian penampilan dari sanggar Dewi Sri maupun sanggar-sanggar lain yang tampil pagelaran aktualisasi ini," jelasnya. (ozk/kim)

 

0 Komentar

Tidak ada komentar terkait

Buat Komentar